Halaman

Rabu, 16 Desember 2009

Ungkapan Sayang

Tiap orang punya cara yang berbeda untuk mengungkapkan rasa sayangnya. Salah seorang teman misalnya, mengungkapkan kecintaannya pada saudaranya dengan menyatakannya lewat kata-kata. Di ujung pembicaraannya, dia selalu menyelipkan kata-kata indah yang menenangkan hati lawan bicaranya. Ada juga seorang teman yang mengungkapkan rasa sayangnya dengan hadiah-hadiah tak terduga yang diberikan pada moment tertentu kepada saudaranya. Ada juga yang menyatakan perhatiannya pada orang lain dengan cara rajin meminta bantuannya. Semakin sayang dia pada seseorang, maka semakin sering dia meminta bantuan pada orang yang dia sayangi. Unik memang.

Aku punya seorang teman yang seperti itu. Mungkin tidak tepat aku mengatakannya demikian, karena sangatlah penilaianku ini tentu bersifat subyektif. Namun, aku lebih senang menganggapnya benar. Menurutku, dimintai bantuan adalah suatu bentuk penyerahan kepercayaan kepada orang lain, sekaligus sebuah pernyataan bahwa kita dibutuhkan, sekaligus menyatakan bahwa dia menganggap kita dekat. Indah bukan. Daripada kita berpikir bahwa kita diperalat oleh seseorang hanya karena seseorang itu sering membuat kita kerepotan, lebih baik kita anggap hal itu sebagai ungkapan sayang.

Hidup ini ditentukan oleh cara pandang kita. Menjalani hidup bagaikan merangkai puzzle. Semakin pas cara pandang kita, maka semakin tepat kita meletakkan puzzle. Persoalannya adalah mencari cara pandang yang tepat.

Tidak ada komentar: